dari Bali sampai U.S.A

Jumat, 28 Januari 2011

Warped Tour adalah ajang musik tahunan yang sangat dinanti-nanti para penikmat musik underground di Amerika Serikat yang dikemas dengan ajang kontes skateboard. Ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi SID karena mereka akan berada sepanggung dengan band-band melodic punk rock ternama seperti NOFX, Lagwagon, Bad Religion dll.
"Sebenarnya kita bukan band Asia pertama yang tampil di Warped Tour. Superman Is Dead adalah band Asia kedua, tapi kita adalah band Asia pertama yang meski tidak merilis album di Amerika, tapi tampil di Warped Tour," ungkap Jerinx, sang drummer SID.
Sedangkan konser berlabel From Bali With Rock yang digalang oleh event organizer asal Philadelphia, Mastra Production, merupakan konser untuk mempromosikan Pulau Bali dan Indonesia pada umumnya kepada publik Amerika.
"Intinya kami akan mempromosikan Bali dan Indonesia pada khususnya sebagai tempat yang indah untuk dikunjungi dengan segala kerukunan dan keanekaragamannya," tambah Bobby sang vokalis.
Sebanyak 16 kota di Amerika yang akan dikunjungi SID yaitu Philadelphia, Baltimore, New York, Seattle, Los Angeles, Pomona, San Fransisco, Ventura, Phoenix, Las Cruces, San Antonio, Houston, Dallas, Indianapolis, Pittsburgh, dan Cleveland.
Menurut Eka, sang bassis, hal yang paling menyenangkan selama tur adalah ketika berada di atas panggung dan melihat ekspresi para penonton yang sebelumnya seperti under estimate terhadap SID.
"Namun perlahan mulai menangkap energi yang kita lemparkan," katanya.
Dan pada akhirnya semua ikut berpesta dengan SID ditemani stage dive dan mosh yang mereka ciptakan. That feeling is priceless!
"Kita tampil per show di Warped hanya 20 menit. Kita telah menyiapkan repertoar tanpa ampun. Hajar sejak awal, tanpa jeda, dan pergi pada saat yang tepat. Dengan waktu yang singkat, kita akan coba meninggalkan kesan yang tajam menusuk," tutur Jerix menambahkan.
Band yang diperkuat oleh Bobby Kool (vokal dan gitar), Eka Rock (bas, vokal latar), dan Jerinx (drum) ini resmi berdiri di Kuta, Bali, pada 1995. Awalnya mereka membawakan nomor-nomor milik band Green day, NOFX dan Social Distortion. Lama kelamaan mereka mulai menciptakan lagu sendiri hingga akhirnya merilis debut album berjudul Case 15 pada 1997 di bawah naungan label indie lokal.
Jangankan untuk skala lokal Bali, dalam lingkup nasional sekalipun, cuma ada sedikit band yang mampu melewati satu dasa warsa bermusik. Superman Is Dead (SID) adalah satu dari segelintir kelompok musik yang sanggup eksis bukan hanya melewati rentang 10 tahun, tapi juga dengan personel yang sama. Tak berubah, sejak awal berdiri.
Akhirnya pada Maret 2003, Superman Is Dead resmi menandatangani kontrak rekaman dengan major label Sony-BMG setelah melewati negosiasi yang panjang antara pihak manajemen SID dengan pihak Sony-BMG yang kemudian melahirkan album major pertama SID pada 2003 yaitu Kuta Rock City.

0 komentar:

Posting Komentar